SNMPTN TAHUN 2012 JALUR UJIAN TULIS | Givuin

Jalur Ujian Tertulis dan Keterampilan merupakan salah satu jalur SNMPTN yang diharapkan mampu memprediksi keberhasilan calon mahasiswa menyelesaikan studi tepat waktu di perguruan tinggi. Ujian tertulis menggunakan soal ujian yang dikembangkan sedemikian rupa sehingga memenuhi persyaratan validitas, tingkat kesulitan, dan daya pembeda yang memadai. Disamping itu, soal SNMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan umum yang diprediksi menentukan keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi Tes Potensi Akademik (TPA)..
, tes bidang studi dasar, tes bidang studi IPA, dan tes bidang studi IPS.Ujian Keterampilan dilakukan untuk melihat kemampuan dalam bidang keolahragaan dan kesenian.

2.    Tujuan
  1. Menjaringcalonmahasiswa yang diprediksi berhasil menyelesaikan studi di perguruan tinggi.
  2. Memberi peluang bagi calon mahasiswa untuk memilihlebih dari satu program studi di perguruan tinggi lintas wilayah tanpa harus memperhatikan kesamaan lokasi antara calon peserta dan PTN yang dipilih.
3.    Ketentuan Umum dan Persyaratan

3.1    Ketentuan Umum

Jalur ujian tertulis dan keterampilan adalah mekanisme seleksi masuk perguruan tinggi negeri melalui ujian tertulis dan keterampilan yang dilakukan serentak secara nasional. Lokasi pelaksanaan SNMPTN dibagi menjadi 4 wilayah. Penjelasan tentang pembagian wilayah dapat dilihat dalam Panduan Peserta yang dapat diakses melalui lamanhttp://www.snmptn.ac.id.

3.2    Persyaratan
  1. Pendaftaran
    1. Lulusdari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2010, 2011, dan 2012. Lulusan tahun 2010 dan 2011 memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara dan lulusan tahun 2012 sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah.
    2. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di perguruan tinggi.
    3. Tidak buta warna bagi program studi tertentu.

  1. Penerimaan
Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional, lulus seleksi jalur ujian tertulis SNMPTN 2012, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.


4.    Pendaftaran dan Tata Cara Pendaftaran

Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada lamanhttp://ujian.snmptn.ac.id. Tatacara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.snmptn.ac.id mulai tanggal 11 Maret 2012.
Pendaftaran online dimulai tanggal 10 – 31 Mei 2012.

5.    Jenis Ujian
5.1.    Ujian Tertulis dengan materi :
  1. Tes Potensi Akademik (TPA)
  2. Tes Bidang Studi (TBS) Prediktif:
  1. Tes Bidang Studi Dasar terdiri atas mata ujian Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
  2. Tes Bidang Studi IPA terdiri atas mata ujian Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  3. Tes Bidang Studi IPS terdiri atas mata ujian Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.


5.2.    Ujian Keterampilan untuk:
  1. Program Studi bidang Keolahragaan
  2. Program Studi bidang Ilmu Seni
6.    Penyelenggaraan Ujian Keterampilan untuk Program Studi Bidang Keolahragaan dan Bidang Ilmu Seni
Peserta ujian yang memilih program studi bidang keolahragaan dan/atau Ilmu Seni diwajibkan mengikuti Ujian Keterampilan yang dilaksanakan pada tanggal 14 dan/atau 15 Juni 2012. Peserta Ujian dapat mengikuti ujian keterampilan di perguruan tinggi negeri (PTN) yang memiliki program studi yang dipilih.Daftar PTN yang memiliki program studi penyelenggara ujian keterampilan secara lengkap dapat dilihat di laman SNMPTN 2012.

7.    Jadwal Ujian
7.1.    Ujian Tertulis

 
Selasa, 12 Juni 2012
Tes Potensi Akademik
Tes Bidang Studi Dasar
Rabu, 13 Juni 2012
Tes Bidang Studi IPA
Tes Bidang Studi IPS


7.2.    Ujian  Keterampilan
Ujian Keterampilan dilaksanakan pada tanggal 14 dan/atau 15 Juni 2012.

8.    Penilaian Hasil Ujian
Penilaian hasil ujian menggunakan ketentuan sebagai berikut:
Jawaban BENAR    :    + 4
Jawaban SALAH    :    -  1
Tidak Menjawab    :      0
Penilaian dilakukan dengan pembobotan mata ujian yang mempertimbangkan kelompok program studi yang dipilih. Oleh karena itu, setiap mata ujian harus dikerjakan sebaik mungkin dan tidak ada yang diabaikan.

9.    Kelompok Ujian
Kelompok ujian tertulis SNMPTN terbagi menjadi 3 (tiga):
  1. Kelompok Ujian IPA
  2. Kelompok Ujian IPS
  3. Kelompok Ujian IPC
Setiap peserta dapat mengikuti kelompok Ujian IPA, IPS, atau IPC tidak harus sesuai dengan jurusan SMA/MA/SMK/MAK yang bersangkutan.

10.    Kelompok Program Studi dan Jumlah Pilihan
  1. Program Studi yang ada di Perguruan Tinggi Negeri dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Program Studi kelompok IPA dan IPS.
  2. Setiap peserta kelompok ujian IPA atau IPS dapat memilih maksimal 2 (dua) program studi sesuai dengan kelompok ujian yang diikuti.
  3. Setiap peserta kelompok ujian IPC dapat memilih maksimal 3 (tiga) program studi dengan catatan minimal satu program studi kelompok IPA dan satu program studi kelompok IPS.
  4. Urutan dalam pemilihan Program Studi menyatakan prioritas pilihan.
  5. Peserta ujian yang memilih hanya 1 (satu) program studi boleh memilih program studi dari PTN di Wilayah mana saja.
  6. Peserta ujian yang memilih 2 (dua) program studi atau lebih, salah satu program studi tersebut harus merupakan program studi dari PTN yang berada dalam satu Wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan program studi yang lain dapat dari PTN di luar Wilayahnya.
  7. Daftar program studi, daya tampung tahun 2012, dan jumlah peminat tahun 2011 akan dicantumkan dalam Buku Panduan Peserta yang dapat dilihat di laman http://www.snmptn.ac.id.
11.    Biaya Ujian Tertulis dan Keterampilan
Biaya Ujian Tertulis dan Keterampilan adalah :
  1. Rp.150.000,00 (Seratus lima puluh ribu rupiah) per peserta untuk kelompok IPA atau Kelompok IPS.
  2. Rp.175.000,00 (Seratus tujuh puluh lima ribu rupiah) per peserta untuk kelompok IPC (IPA dan IPS).
  3. Rp.150.000,00 (Seratus lima puluh ribu rupiah) per peserta per ujian  keterampilan bagi yang memilih program studi yang mempersyaratkan ujian keterampilan.
  4. Biaya ujian dibayarkan ke Bank Mandiri. Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.
12.    Pengumuman Hasil Ujian
Hasil ujian diumumkan di laman http://www.snmptn.ac.id yang dapat diakses pada hari Sabtu, 7 Juli 2012 mulai pukul 19.00 WIB.
Share on Google Plus

About Gembong Abisatya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

no sara!