Contoh Pidato Lingkungan | Givuin

Ini sekedar share tugas bahasa Indonesia ku dulu sob. semoga beranfaat :)


Melestarikan Hutan




Assalamualaikum Wr. Wb

Selamat pagi, ke pada yang terhormat Bapak kepala KPH kota Madiun, bapak Budi Santoso. Dan hadirin sekalian yang saya hormati. Pada pagi yang indah ini, marilah kita bersyukur ke pada Allah, tuhan yang telah memberikan kita anugerah berupa alam hutan nan indah, untuk kita nikmati dan kita lestarikan.

Hadirin sekalian, hutan menyediakan berbagai macam kebutuhan manusia. Pohonnya untuk bahan bangunan rumah, lahannya untuk ditanami atau dijadikan ladang dan kebun, hewan dan tumbuhannya untuk makan, kebutuhan penelitian, sumber plasma nutfah alamai, dan masih banyak yang lainnya. Dan bagi kota-kota besar, hutan diibaratkan sebagai “paru-paru kota”. Membuat kota itu dapat bernapas, dan bebas dari polusi. Hutan siap menggantikan gas polutan yang berjejalan di setiap sudut kota dengan suplai oksigen yang segar. 

Nah, pernahkah anda berpikir tentang kelestarian hutan kita? Media masa baru-baru ini menyiarkan berita tentang tanah longsor, kebakaran hutan, penebangan liar, penerobotan tanah hutan, dan pembukaan lahan hutan tanpa penghijauan. Hal inilah yang menyebabkan hutan sulit untuk dilestarikan. Hal ini sangat merugikan bagi kita, kalau melihat manfaat huan yang begitu besar, bagi perkembangan dan kelangsungan hidup manusia. Orang-orang hanya memandang hutan sebagai tempat wisata, atau tempat untuk penghilang stres, bahkan ada yang menganggap hutan adalah tempat yang tidak berguna, berbahaya, dan menyia-nyiakan lahan. Anak-anak zaman sekarang juga tidak lagi bersahabat dengan alam. Bila disuruh memilih, jika diajak ke taman atau hutan suaka dan diajak ke tempat hiburan modern, pasti anak-anak memilih untuk pergi ke tempat hiburan modern.  Remaja-remaja kita hari ini lebih menyibukan diri dengan kegiatan negatif. Tawuran, minum minuman keras, pergaulan bebas, dan bahkan merusak lingkungan.

Nah, maka dari itu, marilah kita semua mulai menyadari akan pentingnya hutan bagi kehidupan. Para genersai muda, sekaranglah waktunya kalian bergerak. Mulailah melakukan hal-hal yang berguna untuk melestarikan alam. Penghijauan, penanaman lahan gundul, berkebun, kurangi polusi, dan kegiatan-kegiatan positif yang lain. Untuk Bapak/Ibu yang memiliki anak, ajaklah putra-putri anda mencinai alam. Kenalkanlah mereka dengan flora fauana kita, ajak mereka berkebun, dan sempatkanlah untuk berekreasi dengan mereka di alam terbuka. Maka mereka akan selalu mengingat tentang indahnya alam, dan akan selalu melestarikannya. Saya yakin hutan yang lestari, memberikan dampak yang baik bagi kita.

Sekian yang dapat saya sampaikan, apabila ada salah katam atau mungkin menyinggung hadirin, saya mohon maaf. Lestarikan hutan, lestrilah alam.
Wassalamualaikum Wr. Wb
Share on Google Plus

About Gembong Abisatya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

no sara!