Cara Mudah Meguji Kesehatan Jantung

Ingin tahu bagaimana cara mudah untuk menguji kesehatan jantung kamu Sob?! tanpa perlu ke dokter atau rumah sakit terlebih dahulu? Berikut ini adalah cara sederhana memeriksa seberapa sehat jantung Anda. 

Berapa besar lingkar pinggang.

Caranya, ambil meteran dan ukur lingkar pinggang (pusar) Anda. Jika Anda wanita dan lingkar pinggang Anda lebih dari 88 cm, maka waspadalah. Lingkar pinggang yang besar menandakan betapa banyak penumpukan lemak di daerah sekitar perut. Dan itu bukan tanda yang baik untuk jantung. Lingkar pinggang yang masih dalam rambu aman adalah di bawah 71 cm. 

Berapa detak jantung saat santai.

Caranya, saat Anda sedang dalam kondisi santai atau baru bangun tidur, hitung detak jantung dengan meraba nadi di tangan Anda. Perhitungan denyut nadi per menit untuk orang yang sehat adalah 60 – 80 bpm. Semakin rendah, dikatakan semakin baik kondisi jantung Anda. 

Detak jantung usai olahraga.

Saat olahraga, detak jantung pasti akan meningkat. Kondisi jantung Anda dikatakan sehat jika penurunan detak jantung usai olahraga cepat kembali ke normal, yaitu 60 – 80 bpm. Ukur denyut nadi usai olahraga, lalu lihat. Jika dalam 1 menit penurunan denyut nadi kurang dari 12 denyut, maka Anda berisiko.
Share on Google Plus

About Gembong Abisatya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

no sara!